Menjadi Pedagang Online atau Pebisnis Online ?

Saya ucapkan selamat jika Anda telah memulai langkah sebagai pebisnis online. Alhamdulillah sudah mulai ada transferan meski belum rutin.

Tapi jangan senang dulu, langkah Anda masih jauh.

Pernahkan Anda merasa, kok bisnis makin rame, tapi makin susah bagi waktu, makin pusing balasin chat customer. Jari keriting, kepala mau meledak!

Jika itu yang terjadi berarti Anda sedang terjebak dalam euforia pedagang online. Ya, pedagang bukanlah pebisnis.

setidaknya itulah yang dikatakan oleh Dewa Eka Prayoga dalam bukunya Easy Copywriting.

Jangan sampai terjebak dalam menghandle semuanya sendirian. balesin chat sendiri, cek stok sendiri, packing sendiri, bahkan karyawan pun ngga punya.

Awas, hati-hati!!

bisa-bisa ibadah malah ditinggal. bisnis bukannya berkah, malah musibah. Jika Anda sudah sadar baiknya catat 4 (empat) hal penting ini yang dapat Anda lakukan untuk membuat Anda tidak hnya jadi pedagang online, tapi jadi pebisnis online.

1.pelajari seluk beluk proses bisnis online

Jangan sampai Anda gagal paham bagaimana mekanisme bisnis online berjalan, pelajari pola bagaimana barang bisa datang dengan mudah. dari mulai pasang produk, marketing, funneling, customer service, hingga closing.

Jangan lupa pelajari teknik follow up dengan email.

2.rekrutlah karyawan dan bentuklah tim

Bisnis jaman now tidak ada istilah superman, yang ada cuma super team. tim bisa dibentuk dengan merekrut karyawan dan menempatkan mereka pada posisi yang tepat.

identifikasi pekerjaan yang teknis, monoton, dan berulang-ulang. Tinggal kasih ke karyawan Anda. Jadi Anda fokus ke bisnis bukan ke teknis. ingat ya, fokus ke bisnis bukan ke teknis. ini beda banget lho!

3.bangun sistem, SOP, reward, dan punishment

Buatlah alur proses bisnis Anda. bikin SOP (standard operating procedure) tugas-tugas setiap karyawan. Nah, yang lebih penting lagi, buatlah sistem reward (penghargaan) dan punishment (hukuman).

Ini sangat penting untuk karyawan karena kinerja mereka akan sangat berpengaruh dari reward dan punishment yang Anda berikan. Jika karyawan Anda tidak terpengaruh sistem yang telah Anda buat tadi, sepertinya memang dia butuh pekerjaan baru.

4.belilah tools bisnis yang memudahkan dan meningkatkan bisnis Anda

Belilah tools dengan bijak. maksudnya gimana ? maksudnya jangan sampai tools cuma memenuhi harddisk Anda dan tidak meningkatkan bisnis Anda. tools juga harus bisa memudahkan Anda. jangan sampai sudah beli tools bisnis malah nambah kerjaan baru.

Sekarang banyak sekali tools bisnis dijual online. ingat, ngga semuanya perlu untuk bisnis Anda. Saran saya carilah yang paling Anda perlukan dan yakini akan meningkatkan bisnis Anda.

Saya harap empat poin tersebut dapat membantu Anda untuk menjadi pebisnis online bukan hanya pedagang online.

Jangan lupa daftar kesini agar bisnis Anda semakin cring-cring omzetnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *