3 Pilar Utama dalam Bisnis Online yang Wajib Anda Pahami

Ketika Anda telah memutuskan untuk terjun ke bisnis online atau internet marketing apakah yang ada di benak Anda ?

cari-cari produk? cari kursus atau training? cari tools atau software? cari mentor atau cari temen yang jago?

jika itu telah Anda lakukan saya katakan semua itu BENAR. tidak ada yang salah. Orang yang salah hanya orang yang tidak memulai.

akan tetapi, ibarat kata menempuh perjalanan baru. Anda harus memahami pilar-pilar utama yang akan menopanng bisnis utama Anda.

Pilar-pilar ini harus Anda pahami sebelum Anda pergi lebih jauh. inilah tiga pilar utama tersebut.

1. TRAFFIC

Bahasa Indonesianya lalu lintas. bayangkan kita membuka toko dipinggir jalan. Kenapa sih Anda membuka toko di pinggir jalan? kenapa  ngga ditengah jalan? becanda, jangan dianggap serius. Kenapa orang membuka toko di dalam mall atau pusat perbelanjaan?

Jawabannya ya disana ada traffic. ada lalu lintas calon pembeli yang akan membeli produk Anda. Mungkin saat lewat, eh ada toko A jualan minuman, beli ah, eh ada toko B jual baju, mampir ah.

Nah bedanya traffic usaha offline dengan online adalah traffic usaha online adalah bagaimana caranya orang berkunjung ke website saya?, atau bagaimana caranya orang melihat media sosial saya? agar apa yang saya tawarkan mereka melihat, mereka aware, terhadap kita.

Didalam bisnis online dikenal tiga jenis traffic yaitu :

1. paid traffic (berbayar), maksudnya kita membayar ke web tertentu yang trafficnya tinggi agar mereka memunculkan penawaran kita agar dilihat banyak orang. contoh : google adword, facebook ads

2. organic traffic (alami), maksudnya traffic dihasilkan karena memang orang melihat penawaran kita atau melihat kita di media sosial. hal ini bisa dilakukan dengan menguasai SEO (search engine optimization), rajin  posting di facebook, instagram, twitter, dan blogging.

3.  direct traffic (langsung), maksudnya traffic yang ditujukan langsung ke orang yang ingin membeli penawaran kita. contoh : email marketing, penawaran melalui chat.

2.CONVERSION

Bahasa Indonesianya ya konversi. traffic yang sudah masuk ke penawaran kita entah dari website, fanspage FB, email dan lain-lain, ketika mereka memutuskan membeli, itulah yang dinamakan konversi. pendeknya, traffic itu telah dikonversi menjadi pembeli.

Kenapa ngga dinamakan pembeli saja? dalam siklus bisnis online penamaan tiga pilar tadi adalah suatu proses dari gambar besar siklus penjualan.

Meningkatkan konversi membuthkan keahlian dan strategi. salah satu yang paling populer adalah teknik copywriting. teknik copywriting adalah teknik menulis yang berbentuk persuasif atau ajakan untuk melakukan sesuatu yang dapat meningkatkan tingkat penjualan atau konversi Anda.

3.RELATIONSHIP

Di era digital seperti sekarang bisnis online bertumbuh cepat linier dengan persaingan. Sangat mudah orang mecontoh ide kita atau produk kita. Relationship atau menjaga hubungan terhadap pembeli bukanlah opsional tetapi WAJIB.

Jangan cuma closing terus pembeli ditinggal lari. Hari gini sudah tidak bisa lagi. Layanan after sales dan support Anda sebagai penjual adalah MUTLAK. Produk mungkin bisa sama, harga beda dikit, tapi after sales dan support lah yang menjadi pertimbangan besar para calon pembeli.

Buatlah support grup, grup Whatsapp, grup Telegram, Grup Facebook untuk memudahkan Anda menjawab pertanyaan pembeli Anda.

Selain itu, jalinlah hubungan dengan pembeli dengan teknik email marketing. Hal ini juga akan meningkatkan tingkat penjualan Anda pada jangka panjang.

Jika Anda ingin memulai bisnis online sebaiknya Anda berlangganan gratis ilmu-ilmu bisnis online yang di email tiap hari selama tiga tahun.

klik disini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *